A.
Kurikulum
Kurikulum yang
dilaksanakan mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 58 tahun
2009 tentang standar pendidikan anak usia dini yang di kembangkan dengan
kurikulum KB dan TK ISTIQLAL sebagai TK percontohan DIKNAS . Ruang lingkup
program atau materi mencakup ;
1.
bidang
pengembangan pembiasaan yang meliputi moral dan nilai-nilai agama,sosial,emosional dan kemandiriran ,
2.
bidang
pengembangan kemampuan dasar yang meliputi bahasa, kognitif, fisik/motorik dan seni.
B.
Metode
KB
dan TKIT Sahabat Qur’an menggunakan metode pendidikan “Bermain sambil belajar atau belajar melailui
bermain integrasi nilai-nilai islami
dengan pendekatan sentra dan saat lingkaran “.
Metode bermain sambil belajar atau belajar melalui bermain integrasi
nilai-nilai kehidupan islami dengan
pendekatan sentra dan saat lingkaran
yang dikembangkan KB dan TKIT Sahabat Qur’an teraplikasi melalui sentra –sentra
bermain , diantaranya : Sentra bahan
Alam dan sains , Sentra Balok dan Sentra Peran.
1.Sentra
bahan Alam dan sains.
Sentra Bahan alam dan sains ini
memfasilitasi anak bermain sensorimotor atau main fungsional ,main
pembangunan dan main peran anak dengan
bahan alam yang ada disekitar
melalui panca indra ciptaan
allah. Bertujuan :
a. Mengembangakan kecerdasan anak terhadap bahan alam sekitar ciptaan Allah mengembangkan
kognitif dan membangun persepsi anak guna mempertebal sambungan antar neuron dalam
otak anak.
b. Mengembangkan serta memperluas main sensori motorik halus guna Memperkuat otot-otot tangan yang
diperlukan dalam proses kesiapan menulis Memenuhi kebutuhan anak untuk selalu
aktif bereksplorasi dan bereksperimen
1.
Sentra Balok
Sentra balok atau main pembangunan terstruktur, menpasilitasi anak
mengembangkan main sensorimotorik ,main pembangunan dan bermain peran dengan
balok balok bertekstur halus dan aman ,berbagai bentuk dan ukuran yang berwarna natural. Bertujuan :
a. Mengembangkan dan memperluas kemampuan anak untuk mewujudkan pikiran ,ide
dan gagasan ,imajinasi serta pengalaman
anak tentang struktur, bentuk dan
bangunan yang pernah dilihat disekitar anak.
b. Mengembangkan kemampuan keterampilan koordinasi
motorik halus,berkembangnya kognisi kearah berfikir operasional membangun
keberhasilan sekolah dikemudian hari.
1.Sentra main
peran
Sentra main peran atau main simbolik atau main pura-pura atau main
drama dengan benda-benda sesungguhnya . mempasilitasi bahasa dan sensorimotorik anak:
a. Membantu
menghadirkan konsep dan pengalaman yang dimiliki anak yang sudah didapatnya
memalui panca indra ,dan penampilannya kembali dalam bentuk prilaku
berpura-pura.
b. membantu anak memproyeksikan dirinya kemasa depan
dan menciptakan kembali masa lalu dan
mengembangkan keterampilan khayalan anak.
c. mengembangkan kemampuan kerjasama kelompok ,kosa
kata,konsep hubungan kekeluargaan ,terampilan pengendalian diri,keterampilan
sudut pandang special,afeksi dan kognisi serta latihan untuk pengalaman bersosialisasi
dikehidupan nyata.



Tidak ada komentar:
Posting Komentar