Rabu, 13 November 2013

PROGRAM KB DAN TKIT SAHABAT QUR-AN

A. Kurikulum
Kurikulum yang dilaksanakan mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 58 tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini yang di kembangkan dengan kurikulum  KB  dan TK ISTIQLAL sebagai TK  percontohan  DIKNAS . Ruang lingkup program atau materi mencakup ;

1.      bidang pengembangan pembiasaan yang meliputi moral dan nilai-nilai  agama,sosial,emosional dan kemandiriran ,
2.      bidang pengembangan kemampuan dasar yang meliputi bahasa, kognitif, fisik/motorik dan seni.




B.     Metode
            KB dan TKIT Sahabat Qur’an menggunakan metode pendidikan  “Bermain sambil belajar atau belajar melailui bermain integrasi nilai-nilai islami  dengan pendekatan sentra dan saat lingkaran “.

             Metode sentra dan saat lingkaran  (Beyond Center and Circle Time )   merupakan salah satu metode pembelajaran anakusia dini yang di rancang dikembangkan dan diteliti baik dari sisi kajian ilmiyah /teori maupun empirik selama kurang lebih 40 tahun oleh Dr. Pamela C Phelps selaku direktur Creative Center for Childhood Research  Training  (CCCRT), early childhood education consultant and International Presenter. Metode sentra dan saat lingkaran juga merupakan salah satu metode pembelajaran untuk anak usia dini yang diadopsi dan disosialisasikan secara nasional oleh Direktorat  PAUD Kemendikbud RI.

Metode bermain sambil belajar atau belajar melalui bermain integrasi nilai-nilai kehidupan islami  dengan pendekatan sentra dan  saat lingkaran yang dikembangkan KB dan TKIT Sahabat Qur’an teraplikasi melalui sentra –sentra bermain , diantaranya : Sentra bahan Alam dan sains , Sentra Balok dan Sentra Peran.



1.Sentra bahan Alam dan sains.
Sentra Bahan alam dan sains ini  memfasilitasi anak bermain sensorimotor atau main fungsional ,main pembangunan dan main  peran  anak dengan  bahan alam yang ada disekitar  melalui  panca indra ciptaan allah. Bertujuan :

a.       Mengembangakan kecerdasan anak terhadap  bahan alam sekitar ciptaan Allah mengembangkan kognitif dan membangun persepsi anak guna mempertebal sambungan antar neuron dalam otak anak.
b.      Mengembangkan serta memperluas  main sensori motorik halus  guna Memperkuat otot-otot tangan yang diperlukan dalam proses kesiapan menulis Memenuhi kebutuhan anak untuk selalu aktif bereksplorasi dan bereksperimen
 1.   Sentra Balok
Sentra balok atau main pembangunan terstruktur, menpasilitasi anak mengembangkan main sensorimotorik ,main pembangunan dan bermain peran dengan balok balok bertekstur halus dan aman ,berbagai bentuk dan ukuran yang  berwarna natural. Bertujuan :

a.       Mengembangkan dan memperluas  kemampuan anak untuk mewujudkan pikiran ,ide dan gagasan ,imajinasi  serta pengalaman anak   tentang struktur, bentuk dan bangunan yang pernah dilihat disekitar anak.
b.      Mengembangkan kemampuan keterampilan koordinasi motorik halus,berkembangnya kognisi kearah berfikir operasional membangun keberhasilan sekolah dikemudian hari.


1.Sentra main peran
  Sentra main peran atau main simbolik atau main pura-pura atau main drama dengan benda-benda sesungguhnya . mempasilitasi  bahasa dan sensorimotorik anak:

a.        Membantu menghadirkan konsep dan pengalaman yang dimiliki anak yang sudah didapatnya memalui panca indra ,dan penampilannya kembali dalam bentuk prilaku berpura-pura.
b.      membantu anak memproyeksikan dirinya kemasa depan dan menciptakan kembali masa lalu  dan mengembangkan keterampilan khayalan anak.
c.       mengembangkan kemampuan kerjasama kelompok ,kosa kata,konsep hubungan kekeluargaan ,terampilan pengendalian diri,keterampilan sudut pandang special,afeksi dan kognisi serta latihan untuk pengalaman bersosialisasi dikehidupan nyata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar